0

Ujian Akhir Triwulan (Takehome)

Ujian Akhir Triwulan SIM – Mohammad Anindityo / R55

Soal 1. (halaman 75, case 3)

  • Dengan menerapkan promosi bisnis melalui website (multi bahasa) untuk menjaring konsumen potensial dari berbagai negara
  • Di website tersebut memungkin konsumen potensial untuk melakukan simulasi dalam perancangan “theatrical backdrops” yang ingin dirancang
  • Penggunaan Aplikasi :
    • Intuit Quickbook Enterprise Solutions (Accounting Software)
    • Microsoft Windows Server (Server Operating System)
    • Microsoft Publisher (Desktop Publishing)
    • Dreamweaver (Web Designer)

Yang akan saya usulkan apabila menjadi konsultan sistem bagi Sew What? Inc adalah :

  • Penerapan ERP skala kecil bagi perusahaan dan vendor yang bekerja sama dengan Sew What? Inc, sehingga proses produksi dari hulu ke hilir menjadi terintegrasi. Sistem juga disertai dengan status pengerjaan serta stock bahan baku, sehingga dapat dilakukan monitoring status pengerjaan dan stock bahan baku, dimana setiap tahap dan saat stock mulai menipis nya akan diberikan notification kepada perusahaan dan juga vendor.
  • Diterapkannya prinsip-prinsip dasar CRM, seperti acquiring, enhancing, dan retaining. Hal tersebut bisa diterapkan dalam sistem website yang digunakan oleh Sew What? Inc dalam mempromosikan layanannya. Hal ini juga harus didukung dengan 3 aspek penting di dalam e-CRM, yaitu Sales Force Automation, Marketing Automation, dan Customer Service. Sehingga dapat dibangun sebuah sistem untuk melayani, mempertahankan, dan menjaga hubungan baik jangka panjang dengan para konsumen.

Contoh lainnya adalah perusahaan PHD (Pizza Hut Delivery)

  • Penerapan website online telah memperluas jaringan PHD, sehingga memungkinkan adanya penambahan konsumen potensial tanpa harus datang ke gerai ataupun menelepon kepada PHD secara langsung. Hanya dengan memasukkan data pembeli ,memilih menu  dan cara pembayaran yang diinginkan, maka konsumen dapat menikmati layanan PHD langsung di tempat dia memesannya.

 

Soal 2. Ringkasan

  • E-commerce adalah proses pembelian dan penjualan, pemasaran dan pelayanan, dan pengiriman serta pembayaran produk, jasa, dan informasi melalui internet, extranet, intranet, dan jaringanlain antara perusahaan yang saling terhubung dengan prospek, konsumen, pemasok, dan rekan bisnis lainnya.
  • Kategori utama dan trend aplikasi e-commerce
    • o Business-to-Consumer
    • o Business-to-Business
    • o Consumer-to-Consumer

kategori

  • Proses utama dalam sistem e-commerce (terhadap produk dan jasa)
    • Pengembangan
    • Pemasaran
    • Penjualan
    • Pengiriman
    • Pelayanan
    • Pembayaran
    • Faktor Kunci dan Kebutuhan dalam Keberhasilan e-commerce
      • Nilai dan Pilihan
      • Kinerja dan Pelayanan
      • Tampilan dan Suasana
      • Iklan dan Insentif
      • Daya tarik personal
      • Hubungan Komunitas
      • Keamanan dan keandalan
    • Nilai Bisnis dari tipe-tipe “e-commerce marketplaces
      • One to Many
      • Many to One
      • Some to Many
      • Many to Some
      • Many to Many
    • Ulasan Kritis Bukalapak.com
      • Merupakan contoh penerapan e-marketplace di Indonesia yang memiliki stakeholders antara lain :
        • Karyawan Bukalapak.com
        • Lateral Partners
          • Bank penyedia jasa pembayaran
          • Maskapai pengiriman barang ke konsumen
          • Pelapak dan Pembeli (user dari Bukalapak.com)
          • Nilai yang ditawarkan Bukalapak.com kepada Stakeholders :
  • Bagi Karyawan
      1. Mempermudah proses komunikasi antar divisi dalam perusahaan
      2. Menjaga kerahasiaan informasi perusahaan
      3. Mempermudah proses pelayanan kepada konsumen
  • Bagi Lateral Partners
      1. Mempercepat terjadinya hubungan bisnis yang lebih terintegrasi
      2. Mempermudah komunikasi kebutuhan layanan perusahaan
      3. Memperkenalkan produk barunya
  • Bagi Pelapak dan Pembeli
      1. Mempermudah dalam mengetahui dan menggunakan produk dan jasa yang ditawarkan
      2. Mempermudah untuk dapat memantau informasi proses transaksi
      3. Sebagai wawasan pengetahuan dalam teknologi
  • Teknologi Komunikasi yang digunakan Bukalapak.com
    • Web

Di web bukalapak (bukalapak.com) terdapat beragam kegiatan seperti cara menjada pemesanan barang- barang tertentu, promosi terjadi khususnya pada saat hari-hari tertentu dengan pemberian potongan harga atau gratis ongkos kirim, cara pembayaran dengan berbagai bank, pemasaran dari produk-produk dari pelapak, dan rekruitmen untuk pelapak dan pembeli dengan membuat account terlebih dahulu.

  • SMS

SMS di bukalapak, dipakai untuk memberikan notifikasi kepada pelapak setiap ada pesanan.

  • E-mail

E-mail digunakan untuk membuat akun pertama saat mendaftar, pengaduan,  memberi masukan serta saran dan brosur distribusi.

  • Telepon

Telepon digunakan untuk customer service.

  • Social Media (Facebook, twitter, instagram, aplikasi pada android)

Bukalapak.com menggunakan jejaring sosial untuk aktivitas promosinya dan konsultasi.

  • Network yang digunakan
    • Intranet

Jaringan intranet Bukalapak.com digunakan oleh kantor pusatnya di Plaza City View, Lt. 1-2, Jalan Kemang Timur No. 22, Pasar Minggu, Pejaten Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta. Penggunaan intranet Bukalapak.com difokuskan pada fungsi website dan mobile application maintenance.

    • Extranet

Jaringan extranet digunakan bagi para pengunjung untuk log-in menjadi user dari Bukalapak.com. Dimana para user memiliki beberapa fasilitas untuk mengakses sebagian database Bukalapak.com.

    • Internet

Jaringan internet bisa diakses oleh siapa pun, baik pelapak, pembeli, kompetitor atau pun orang yang ingin mengetahui informasi mengenai Bukalapak.com.

 

Soal 3. Pengembangan Sistem melalui :

  • Insourcing

Pengembangan sistem dengan mempekerjakan karyawan intenal perusahaan

  • Outsoucing

Pengembangan sistem dengan mempekerjakan pihak ketiga atau vendor.

  • Hal yang mempengaruhi kesuksesan pengembangan sistem melalui insourcing
    • Pemahaman kebutuhan sistem perusahaan
    • Skill dari karyawan pengembang sistem
    • Komitmen penggunaan dari semua user sistem
    • Keandalan sistem dalam menyelesaikan masalah
    • Sustainability dan Maintainability dari suatu sistem
  • Hal yang mempengaruhi kesuksesan pengembangan sistem melalui outsourcing
    • Pemahaman kebutuhan sistem perusahaan
    • Komunikasi yang baik atas penyampaian kebutuhan oleh user kepada vendor
    • Interpretasi vendor dalam menangkap kebutuhan user
    • Komitmen penggunaan dari semua user sistem
    • Keandalan sistem dalam menyelesaikan masalah
    • Sustainability dan Maintainability dari suatu sistem

 

Soal 4. Urgensi Maintainability

Maintainability suatu software adalah kemampuannya dalam menajlani perubahan dan juga pemeliharaan suatu sistem. Saat suatu software berhasil diterapkan, maka akan timbul beberapa hal yang perlu untuk diperbaiki maupun diperbaharui, maka dari itu maintainability suatu software bersifat urgent dalam upaya menyelesaikan masalah yang terus berkembang dari waktu ke waktu

Ada beberapa alasan mengapa diperlukannya hal tersebut, antara lain :

  • Memperbaiki error software
  • Software Update
  • Peningkatan Sistem

 

Soal 5. Konversi sistem pada perusahaan

konversi

Ada 4 cara dalam penerapan konversi sistem lama ke sistem baru seperti yang di gambarkan pada gambar di atas, antara lain :

  • Parallel

Konversi ini sama-sama menjalan sistem lama dan sistem baru. Hingga pada kondisi tertentu saat sistem baru dianggap sudah cukup bisa mengganti sistem yang lama, maka segera sistem lama tersebut dihentikan penrapannya. Sistem ini memiliki kelebihan yaitu dianggap paling aman, namun juga memiliki kekurangan pada saat yang bersamaan, yaitu besarnya biaya dalam melakukannya.

  • Pilot

Pada metode ini, organisasi dibagi menjadi segmen-segmen tertentu. Sehingga penerapan sistem baru dilakukan pada satu segmen terlebih dahulu sebelum diterapkan ke segmen yang lainnya. Apabila pada segmen diterapkannya sistem baru tersebut  berhasil, maka penerapan sistem baru akan dilakukan secara lebih luas ke segmen yang lainnya.

  • Phased

Metode ini memiliki cara penerapan yang hampir serupa dengan metode pilot. Namun bedanya pada pilot dilakukan segemntasi pada organisasi, sedangkan metode ini melakukan segmentasi pada sistem yang digunakan. Penerapan dilakukan secara bertahap pada sebagian kecil sistem terlebih dahulu, hingga penerapan itu dikatakan sukses dan diterapkan ke sistem lainnya.

  • Direct

Merupakan metode dengan biaya paling rendah dalam penerapan dibandingkan dengan yang lainnya, namun memiliki resiko yang paling tinggi. Sistem ini secara langsung (direct) mengganti seluruh sistem lama dengan sistem baru di seluruh bagian organisasi, dimana apabila penerapan sistem baru tersebut dinyatakan gagal, maka kegagalan terjadi di seluruh lini sistem dan organisasi.

 

 

Daftar Pustaka

Fitria B. 2015. Semua Mengenai CRM (Customer Relationship Management). http://befira.blogspot.co.id/2015/07/semua-mengenai-crm-customer.html  [diakses pada tanggal 27 Maret 2016]

Nisa. 2012. E-Business dan E-Commerce.http://nisa11019.blogspot.co.id/2012/12/e-business-dan-e-commerce.html [diakses pada tanggal 26 Maret 2016]

O’Brien, A. J. and Marakas, G. 2011. Management Information Systems. New York: McGraw-Hill

Strauss J, Ansary AE, Frost R. 2006. E-Marketing. Fourth Edition. New Jersey: Pearson Prentice Hall

Website Bukalapak. www.bukalapak.com. [Diakses pada tanggal 25 Maret 2016]

Skip to toolbar